Sunday, June 28, 2020

E-SPORT - Inilah Perkembangan Industri Esports Selama Masa Pandemi COVID-19 Berlangsung



PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -  Menelusuri bagaimana pengaruh pandemi COVID-19 terhadap tren esports secara global.Apakah perubahan format turnamen dari offline ke online mampu membuat esports bisa bertahan terhadap pandemi?

2020 bisa dibilang jadi masa yang berat bagi seluruh masyarakat dunia. Terutama semenjak wabah COVID-19 merebak luas hingga hampir seluruh dunia ikut merasakan dampaknya. Tentunya selain kesehatan, efek yang diberikan pun menjalar ke berbagai sektor, termasuk industri esports.


Industri yang terus berkembang pesat sejak 2011 ini memang terlihat signifikan perbedaannya. Hal ini terlihat dari total prize pool yang kian meningkat juga masuknya judul-judul game baru yang akhirnya berkecimpung di ranah ini. Sebagai salah satu industri pemasok uang terbesar di dunia, para penggiatnya pun bekerja keras agar esports tetap bertahan di tengah masa pandemi ini.

Dari perubahan format turnamen, hingga pergantian sistem terus dilakukan untuk menjaga eksistensinya. Namun, apakah perubahan-perubahan ini efektif? Atau hanya akan bertahan sementara?

BACA JUGA : CELEBRITY NEWS UPDATE - Inilah Koleksi Ular Lucky Hakim Seharga 200 Juta Rupiah




Untuk mengetahui perkembangan tren serta industri esports selama pandemi global ini berlangsung, KINCIR telah merangkum beberapa data dari para ahli.

Sebelum masa pandemi esports merupakan salah satu industri hiburan yang paling diminati, terutama bagi para pencinta game. Puluhan hingga ratusan turnamen pun telah berhasil digelar dalam sebuah gelaran megah yang disaksikan oleh jutaan pasang mata secara langsung atau pun online.

Namun, semenjak pandemi ini merebak beberapa perusahaan penggelar turnamen pun akhirnya putar otak agar esports tetap bisa dinikmati oleh penggemarnya yang tersebar di seluruh dunia. Akhirnya, pilihan turnamen online pun menjadi opsi terbaik yang bisa diambil.

Contohnya ESL One Los Angeles Major 2020. Sebuah turnamen berskala Major dari game Dota 2 ini sekarang memiliki format yang berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini pun bertujuan agar timeline dari DPC tidak berubah karena Valve memiliki turnamen tahunan bernama The International.



PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA - Why

No comments:

Post a Comment